Kodim Inhil Laksanakan Upacara  Bendera Bulanan 17 Juli

Kilasriau.com — Kodim 0314/Inhil melaksanakan upacara bendera bulanan 17 Juli  di lapangan Makodim 0314/Inhil, Senin,(17/07/2023) pagi.

Upacara tersebut dipimpin oleh Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Fikky Nur Kuncoro Jati,S.H.,M.Han Yang di wakili Danramil 12/Batang Tuaka Kapten Inf Tarmizi, dan bertindak sebagai Komandan upacara Peltu Sunasto, sebagai perwira upacara Peltu Jaharzam, Pembacaan UUD 1945, Sertu Mardia Pengucap Sapta marga, Serda Nasir Siagian serta pembaca Do'a Serda Gabe H. Harahap.

Dalam amanatnya kapten Inf Tarmizi membacakan Amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono,S.E.,M.M,
"Kita telah menyelesaikan program kerja 
semester pertama Tahun Anggaran 2023. Tugas yang dibebankan kepada TNI untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,"

Selain itu, berdasarkan hasil survei dari 
berbagai lembaga, TNI tetap dipercaya masyarakat sebagai lembaga dengan tingkat kepercayaan tertinggi dengan nilai proporsi mencapai 95,8%.

Untuk itu, kepada seluruh Perwira, Bintara,Tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil TNI di seluruh penjuru tanah air, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi, profesionalisme, dan kinerja yang telah kalian tunjukkan.

Namun demikian, tentunya dalam 
pelaksanaan program kerja, terdapat catatan dan hal-hal yang perlu kita evaluasi guna perbaikan ke depan. Saya tekankan kepada para prajurit sekalian agar melaksanakan evaluasi program kerja dengan sungguh-sungguh.

Situasi dan kondisi di dunia saat ini terus berkembang dengan cepat, dinamis, dan masih penuh dengan ketidakpastian.Hal ini telah memunculkan beragam spektrum ancaman baik ancaman militer ancaman non-militer, maupun ancaman hibrida yang berpotensi mengganggu kedaulatan dan keutuhan NKRI, serta keselamatan segenap bangsa indonesia.

Menyikapi beragam kondisi dan tantangan tersebut, TNI sebagai alat utama pertahanan negara harus terus hadir untuk berperan aktif sesuai dengan fungsi dan tugas pokoknya yang telah di amanatkan oleh undang-undang.

Sebagai garda terdepan dan benteng terakhir NKRI, TNI harus mampu membantu mengatasi kesulitan dan permasalahan yang dihadapi bangsa dan menjaga tetap tegaknya negara kesatuan Republik Indonesia.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya ingin memberikan penekanan kepada para Perwira, Bintara, Tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil TNI untuk mewujudkan visi saya sebagai Panglima TNI, yakni menjadikan TNI sebagai Patriot NKRI.

"Saya ingin mewujudkan kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara yang profesional, modern,dan tangguh. Hal ini penting agar rakyat kita nyaman untuk bekerja, negara kita aman dari segala bentuk gangguan, dan pembangunan nasional dapat berjalan lancar. Harapan kita semua adalah TNI kuat, rakyat bermartabat. Beberapa penekanan saya antara lain:

Pertama, tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta pegang teguh Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI.

Kedua, tingkatkan wawasan, pengetahuan, dan kapasitas diri kalian masing-masing dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas sebagai prajurit TNI guna mewujudkan TNI yang semakin profesional.

Ketiga, bekerjalah dengan keras dan ikhlas serta maksimalkan kemampuan, manfaatkan peluang, peduli terhadap lingkungan, dan selalu bertanggungjawab terhadap tugas yang diberikan.

Keempat, jaga sinergitas dengan aparat pemerintah,Kementerian, Polri dan Lembaga lainnya dalam pelaksanaan tugas keseharian dengan semangat gotong royong dan saling bahu membahu.

Kelima, hindari setiap bentuk pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri maupun mencoreng nama baik TNI. Terlebih lagi, terkait pelaksanaan Pemilihan Umum serentak, saya perintahkan seluruh prajurit TNI agar betul-betul menjaga netralitas TNI, 
patuhi dan pedomani 5 Perintah Panglima TNI tentang Netralitas TNI," jelasnya.

Selamat melanjutkan tugas dan jadilah prajurit TNI yang profesional, modern, dan tangguh.






Tulis Komentar